Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 13 April 2008

PRULINK, apa itu?

PRULINK, KOPI SUSU RACIKAN PRUDENTIAL
Oleh: Eko Endarto

Dikutip dari Tabloid Bisnis Uang

Mungkin Anda tidak menyukai kopi karena mengandung kaffein, atau menghindari susu yang menggemukkan ? Maka buat aja kopi susu. Ya campuran antara kedua bahan utama yang mengahasilkan produk baru yang saling melengkapi; lebih sehat, enak dan tidak membuat gemuk.

Dalam perkembangan dunia asuransi juga diciptakan produk kopi susu yaitu campuran antara dua manfaat yang menghasilkan satu produk yang saling melengkapi yang dinamakan Unit Link.
Saat ini kita akan membahas dan membedah produk unit link racikan dari prudential yang bernama prulink.

Apa itu Unit Link Prulink ?

Prulink adalah produk unit link dari perusahaan

asuransi jiwa Prudential perusahaan yang berbasis di Inggris dan telah malang melintang lebih dari 100 tahun di dunia asuransi dan 10 telah tahun berkiprah di Indonesia. Keistimewaan Produk unit link seperti Prulink adalah produk asuransi jiwa ini juga mengandung investasi yang memungkinkan kita untuk memperoleh hasil atas investasi kita. Jadi selain memberikan manfaat berupa uang pertanggungan dalam jumlah tertentu pada saat terjadi kematian, produk ini juga memberikan manfaat lain yaitu hasil investasi yang bisa dinikmati dan dapat diambil oleh penerima manfaat pada waktu yang telah ditentukan sesuai kesepaktan. Sehinnga penarikan manfaat investasi dapat dilakukan sesuai kebutuhan misalnya untuk anak sekolah, diambil saat pensiun dan sebagainya. Selain itu, ada banyak kelebihan yang diberikan bila Anda mengambil produk ini yaitu tambahan proteksi bebas pembayaran premi bila Anda terindikasi terkena 24 jenis penyakit kritis, dan juga pembayaran uang pertanggungan asuransi jiwa dan nilai tunai bila yang bersangkutan meninggal atau cacat tetap, asuransi kecelakaan, pembebasan pembayaran premi oleh pasangan bila pemegang polis meninggal atau cacat dan beberapa manfaat lainnya yang tentunya disesuaikan dengan premi yang Anda bayarkan. Jadi kalau disingkat, prulink memberikan manfaat berupa uang pertanggungan bagi jiwa Anda, beberapa manfaat tambahan seperti kecelakaan, pembebasan premi dan lain sebagainya, dan juga memberikan kemungkinan pendapatan dari hasil investasi. Waw apa nggak lengkap tuh ?

Mekanisme kerjanya

Produk ini dijual dalam bentuk paket yang mendompleng jualan produk asuransi jiwa. Jadi kalau anda membeli produk ini maka sebagian premi yang anda bayarkan akan dialokasikan untuk asuransi jiwa anda dan sebagian lagi untuk diinvestasikan oleh manajer investasi perusahaan. Kemana investasinya ?

Sampai saat ini prulink terbit dengan 5 jenis investasi yaitu :

  1. Prulink Rupiah Managedfund, Memaksimalkan dana investasi investasi pada Obligasi,saham dan pasar uang Rupiah
  2. Prulink USD Managedfund, Memaksimalkan dana investasi pada Obligasi,saham dan pasar uang USD.
  3. Prulink equityfund, Memaksimalkan dana investasi Anda pada saham
  4. Prulink Fixed income fund, Memaksimalkan dana investasi Anda pada obligasi, surat hutang pemerintah
  5. Prulink Rupiah cash fund, Memaksimalkan dana investasi anda pada investasi likuit seperti SBI,deposito perbankan atau pasar uang.
Nah disini Anda diberi kebebasan untuk memilih, dana investasi Anda akan diinvestasikan di produk prulink mana. Tentunya tiap produk memiliki tingkat pendapatan dan risiko yang berbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan tujuan dan profil risiko Anda.Ini yang biasanya tidak dijelaskan dengan rinci yaitu adanya risiko yang harus ditanggung atas pemilihan asuransi ini.

Tidak konsisten

Sebagai suatu produk asuransi seharusnya produk investasi adalah ikutan dari produk utamanya yaitu asuransi jiwa. Tapi dalam kenyataannya, investasi menjadi jualan pokok yang dilakukan oleh para agen. Ya, investasi yang ditambah dengan asuransi jiwa bukan sebaliknya. Ini tidak masalah asalkan penjualan tersebut juga disertakan dengan gambaran atau penjelasan tentang risiko yang bisa timbul. Kenapa? Karena pada dasarnya produk ini adalah produk reksadana yang dijual satu paket dengan asuransi jiwa. Jadi perlu diketahui bahwa risiko produk ini adalah sama dengan bila Anda memiliki reksadana.Bahkan mungkin dengan tingkat pengembalian yang lebih kecil. Penjelasannya begini pada Prulink setoran investasi anda dialokasikan sebagian ke produk asuransi. Dan sebagian lagi ke produk reksadana mereka. Nah bandingkan bila nilai premi yang Anda bayarkan diinvestasikan langsung ke Reksadana atau asuransi yang khusus jiwa, hasilnya pasti lebih besar. Toh risiko untuk Anda sama.

Kesimpulan

Sebagai produk yang diterbitkan oleh asuransi, kesan bahwa perusahaan ini menawarkan proteksi telah kabur akibat adanya manfaat investasi yang lebih keras gaungnya. Sebagai seorang nasabah, prinsip kehati-hatian juga diperlukan dalam setiap pengambilan keputusan. Bila memang bertujuan investasi, Anda bisa saja melakukannya langsung ke produk investasi yang memiliki manfaat dan risiko investasi di unit link yaitu reksadana. Bila Anda bertujuan untuk mengambil proteksi, ini pun dapat dilakukan dengan mengambil produk yang memiliki manfaat proteksi setara yaitu asuransi jiwa baik itu whole life maupun term life. Tapi kalau memang senang dengan campuran keduanya? Nggak salah juga sih, Anda tetap bisa memilih Prulink. Toh seperti kalimat pembuka di atas, kopi susu juga ok kok.

Tidak ada komentar: