Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 21 Maret 2008

Tujuan menabung

Mengapa orang harus menabung?

  1. Untuk dana darurat keluarga
  2. Untuk dana pendidikan anak-anak termasuk menyiapkan warisan atau masa depan yang baik untuk anak cucu
  3. Untuk dana pensiun di hari tua / masa depan lebih baik

Ad1. Menyiapkan dana darurat keluarga
Kita tidak pernah tahu apakah kita akan selalu sehat seperti kita tidak tahu pasti kapan kita akan sakit. Seberapa kuat pun upaya kita untuk menjaga kesehatan kita, kita tetap saja dapat terkena flu, sakit kepala atau sakit perut tanpa kita duga. OK itu Cuma penyakit ringan. Bagaimana jika gaya hidup kita kita tidak baik, seperti tidur kurang, makan tidak teratur, makan tidak sehat, terpapar polusi maka otomatis kita tidak dapat menghindari penyakit-penyakit akibat modified life style.

Ingat pula bahwa tubuh kita tidak selamanya kuat. Akibat faktor umur yang terus bertambah dan gaya hidup yang tidak sehat tentunya maka penyakit-penyakit degeneratif (penyakit akibat ketuaan) dapat merusak ketahanan tubuh kita.

Keadaan darurat seperti sakit dan kecelakaan termasuk keadaan darurat. Kita perlu menyiapkan dana yang cukup untuk menjamin pengobatan yang terbaik tidak saja untuk diri sendiri tapi juga buat keluarga kita terkasih.

Ad2. Untuk dana pendidikan anak-anak

Biaya pendidikan semakin hari semakin besar dan tak dapat kita hindari mutu pendidikan hampir sebanding dengan biayanya. Besarnya biaya pendidikan untuk anak masuk universitas dapat diantisipasi dengan menabung sejak dini dan secara rutin. Setelah anak selesai kuliah, sebagai orang tua yang baik kita perlu juga menyiapkan warisan atau masa depan yang baik untuk anak cucu.

Ad3. Untuk dana pensiun di hari tua / masa depan lebih baik

Banyak orang berpikir bahwa ketika ia tua, maka anak-anaknya akan membiayai semua pengeluaran orang tuanya. Pendapat ini tidak selamanya benar, namun tidak sepenuhnya salah juga. Ketika Anda sudah tidak bekerja (pensiun), Anda akan beruntung sekali memiliki anak-anak yang care terhadap orang tuanya. Namun apakah Anda merencanakan untuk menggantungkan hidup Anda pada anak-anak Anda ketika Anda pensiun nanti? Anda tentu ingin menikmati masa pensiun Anda dengan berlibur ke daerah-daerah yang Anda belum pernah datangi, atau bahkan membangun bisnis baru yang dapat menghasilkan pasive income buat Anda.

Apakah Anda sudah menabung sekarang?

Jika belum, segeralah menabung sekarang atau paling tidak buatlah rencana menabung. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menghindari kecelakaan, kondisi sakit yang mengharuskan Anda masuk RS dan bahwa Anda harus menyiapakan masa depan yang baik buat Anda dan keluarga Anda.

1 komentar:

Top73 mengatakan...

yupss,,,
Menarik Artikelnya.