Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 21 Maret 2008

Saya seorang Pegawai Negeri, saya tidak perlu khawatir karena masa depan saya telah terjamin

Setujukan anda dengan peryataan tersebut?

Jika Anda tidak tahu jawabannya, saya akan paparkan fasilitas yang didapatkan sebagaipegawai negeri :

1. Jaminan biaya kesehatan mulai dari rawat jalan, rawat inap, ICU, operasi sesuai dengan golongan jabatannya termasuk untuk suami/istri dan anak yang di bawah usia 21 tahun
2. Tunjangan kematian
3. Tunjangan pendidikan untuk anak jika orang tua meninggal
4. Kemudahan untuk meminjam dana segar dengan bunga rendah
5. Uang pensiun minimal sebesar 50% gaji terakhir.

Setelah Anda tahu, setujukan Anda dengan pernyataan ini? Saya seorang Pegawai Negeri, saya tidak perlu khawatir karena masa depan saya telah terjamin.

Saya kurang setuju. Walaupun Adan memiliki uang pensiun namun itu berarti sebagai pensiunan pegawai negeri Anda harus melakukan penyesuaian secara drastis atas gaya hidup anda. Semua pengeluaran harus dikurangi hingga setengahnya, Jika sebelumnya anda membelanjakan Rp 50.000 per hari, setelah pensiun menjadi hanya Rp 25.000 per hari. Tidak ada pelesir ke tempat-tempat wisata, tidak ada makan enak di restoran terkenal.

Ada solusi agar gaya hidup saya tidak berubahsetelah saya pensiun?

Tentu saja. Yang anda perlu lakukan cukup menabung sejak sekarang, rutin hingga mencapai nilai tertentu.

Berapa lama dan berapa jumlahnya sangat tergantung pada:

Berapa gaji (baca: income) yang anda inginkan per bulannya ketika anda pensiun.

Cara untuk memperoleh uang pensiun yang sama dengan penghasilan saya sekarang:

1. Investasi ke produk investasi yang mampu menghasilkan return yang moderat, setidaknya > 15% per tahun. Sekurang-kurangnya tabunglah selama 10 tahun tanpa diambil. Kemudian biarkan selama minimal 20 tahun lagi tanpa diambil.

2. Setelah itu investasikan semua hasil investasi di atas ke deposito. Nikmati hasil investasi dari deposito sebagai penghasilan bulanan Anda.

Tidak ada komentar: