Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 13 September 2007

Kapan dan berapa banyak harus menabung?

Seorang penabung yang baik melakukan perencanaan yang cermat sebagaimana layaknya dia melakukan analisa terhadap bisnisnya.

Perencanaan itu meliputi:

  1. Goal setting. Tentukan tujuan menabung.

Ada 4 tujuan menabung:

    1. Membeli aset (rumah dan property, kendaraan)
    2. Menyiapkan dana pendidikan untuk anak atau diri sendiri
    3. Menyiapkan dana darurat
    4. Menyiapkan dana pensiun
  1. Membuat target jumlah tabungan per bulan. Target tabungan ini dapat dihitung dari goal atau pencapaian yang diinginkan. Contoh: menabung untuk membeli mobil seharga 100 juta. Dengan waktu target pencapaian 2 tahun maka sang penabung harus menyisihkan 100 juta di bagi 24 bulan setiap bulannya untuk ditabung.
  1. Menentukan tempat di mana tabungan akan disimpan. Kita bersyukur banyak sekali pilihan lokasi menabung: rekening tabungan biasa, deposito, reksadana atau jenis surat berharga lainnya.
  1. Menentukan kapan tanggal penyetoran tabungan. Kecenderungan yang salah adalah banyak orang menabung sisa-sisa uangnya yakni setelah sebesar penghasilan dikurangi semua pengeluaran biaya hidup per bulan. Seharusnya menabung dimulai segera setelah penghasilan diterima. Dengan disiplin terhadap waktu dan jumlah tabungan maka goal yang ditentukan dapat dicapai dengan mudah.

Berapa banyak idealnya jumlah setoran tabungan per bulan?

Minimal 10% dari total penghasilan rutin harus ditabung. Namun perlu diingat bahwa menabung hanya 10% setiap bulannya belum bisa menjamin Anda akan mencapai goal yang telah Anda tentukan dalam waktu cepat. Setidaknya Anda akan membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun untuk bisa mencapai goal tersebut.

Tidak ada komentar: